Anoman


MARUTI
Dasanama:
Anjaniputra     : Putra Dewi Anjani
Anoman          : Purwacarita/Purwakanda/Pedalangan
Bayudara        : Putra Batara Bayu
Guruputra        : Putra Batara Guru
Yudawisama   : Panglima perang
Kapiwara         : Wanara/kera
Maruti adalah senapati perang Sri Ramawijaya, yang berwujud wanara putih. setelah menjadi pendeta bertempat tinggal di pertapaan Kendalisada. Ibunya adalah Dewi Anjani putri Rsi Gotama dengan Dewi Indradi, bertempat tinggal di pertapaan Grastina. Ayahnya adalah Hyang Panawa/Batara Bayu yang berkahyangan di Panglawung.
Anoman mempunyai Istri bernama Dewi Urangrayung, putri Begawan Mintuna di Kisiknarmada di Sungai Wilugangga. Kakaknya bernama Dewi Urangayu, istri Bima yang berputra seorang laki-laki bernama Anantasena. Perkawinan Anoman dengan Dewi Urangrayu melahirkan seorang wanara putih yang bernama Trihangga/ Trigangga/ Triyangga.
Anoman mempunyai watak dan kepribadian yang sanagat menonjol: pemberani, sopan santun, tahu harga diri, mengrti kadiriannya, setia prajurit pahlawna perang yang ulung, sangat waspada, pandai berlagu, rendah hati, teguh dalam pendirian, kuat, tabah, dan dianugrahi usia yang sangat panjang.
 Aji kesaktian Anoman:
1.      Aji Sepiangin, dapat berjalan secepat kilat, sebagai anugrah Batara Bayu.
2.      Aji Pameling, dapat memanggil dan mengerti serta merasa apabila dibutuhkan atau dipanggil siapapun. Anugrah dari Bathata Wisnu.
3.      Aji Mundri, bila dipergunakan untuk apa saja yang dihantam atau dipukul akan hancur lebur. Aji ini pemberian Resi Subali, pamannya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar